All about ASI

semalem gue habis baca disebuah forum disitu ad yang cerita kalo istrinya gak mau ngsih asi lebih intens karna merasa asinya kurang untuk bayinya n prefer to ngasih susu formula dengan anggapan it’s better than asi..huft…kok bisa ya seorang ibu yang dikasih kesempatan buat menyusui malah gak mau menyusui…padahal banyak lho diluaran sana yang ingin dan berusaha berjuang untuk bisa menyusui…disekeliling gue banyak contohnya..ada yang coba minum ini itu dan cara macem2 tapi tetep gak keluar..ad jg yg bs trus menyusui sampai usia 2 tahun meski dengan sebelah payudara saja..

oiya gue gak bermaksud buat ngejudge mereka yang gak mau asi itu bodoh ya…tapi ya sayang aj gitu loh..alesan ditinggal kerja?basi! sekarang udah banyak milis yang ngajarin manajemen asi buat ibu bekerja..gue aj dikasih tau n diajarin sama sodara gue yang musti ditinggal ngajar dari pagi sampe sore. ya dia kalo berangkat bawa botol botol asi kosong buat diisi di sela2 jam istirahatnya dan pulang dengan botol2 yang udah berisi asi perah. alasan takut payudara kendur?kayaknya gak deh…emang sih awal2 menyusui pd terasa penuh terus karna bayi baru lahir minumnya masih sedikit n belum pinter bener makanya kadang ada yang sampe tersedak pas nyusu ato puting lecet bahkan luka macam yang gue alamin…

ya…waktu itu kira2 sikecil usia 1mguan pd gue luka bahkan berdarah…ouch…menyakitkan..kalau pas menyusui itu serasa disayat sembilu (kaya lagu). katanya itu karena pelekatan tidak sempurna n bayi gak nyaman saat menyusu jadi ya begitu. kalo setiap menyusi apalagi pas awal2 gue nangis sambil gigit bibir untung bukan nangis darah…kalo iya makin lemes gue (habis melahirkan kan keluar darah banyak tuh dtambah tekanan darah gue rendahbanget) tapi kalo udah beberapa isepan ya gak kerasa sakit..jadi sakit saat menyusui ketika puting luka itu ya pas baru mulainya…ini yang bikin gue deg2n tiap kali mau menyusui ibaratnya seperti luka yang kesiram airlah…kan awal2 perih tuh nyeesss banget…tapi lama2 diaeir kan biasa…nah bayangin sendiri deh yah gimana nikmatnya😀

karna suami ngeliat gue nangis terus akhirnya gak tegalah n nyaranin buat diperah aj…ya diperah manual pake tangan n awalnya cuma dapet sedikit akhirnya pake pompa dan lebih sakit pake pompa ternyata dan ternyataaa ir susunya kecampur darah…diperah manual lagi n disendokin tapi sikecil udah tereak2 kehausan n gak sabaran sampai tumpahlah ke muka n bajunya..ya sudah disusuin langsung saja..mungkin itu seninya menyusui…dan benar saja kakaku cuma jawab “ya orang menyusui memang seperti itu.” dengan entengnya..huft…perjuangan seorang ibu. oiya tadinya gue obatin pake salep mo”il*n tp repot harus diolesin setiap habis menyusui n di lap sebelum menyusui…akhirny gue nyerah cari tau kalau penyebabny adalah puting yang kering ok akhirnya gue olesin pake minyak kelapa buat melembabkan n ternyata emang lebih gampang ketimbnag salep dan akhirnya sembuh entah karna minyak kelapanya atau emang udah waktunya. dan kejadian ini kembali terulang setahun kemudian karna sikecil gemes mau tumbuh gigi juga giginya yang udah mulai tumbuh banyak tapi gue biarin aj yag peting sebelum dan sesudah menyusuo dioles pake asi dulu. oiya buat mencegah ruam emang bagus minyak kelapa ko dr pada pake baby oil. ini gue dpet dr kaka ipar gue karna air kencing kan gatel kalokena kulit..jadi biar gak gampang kena ruam pakein ni minyak dulu.

ok balik lagi ke masalah ukuran pd..jadi waktu mau ngelairin gue beli bra yang ukurnny lbh bsr dr sblm hamil dan bener aj…awal2 menyusui malah terasa sempit tapi semakin besar n semakin intensnya si kecil minum maka rasa sesak itupun menghilang dan sekarang sikecil umur 15 bulan justru ukuran balik dngn sndirinya ke ukuran sebelum menikah hahaha.. bra menyusui gue mlah kebesaran😀

soal susu formula bukan gue bilang kalo itu jelek ya…boleh aj si buat jaga2 siapa tau stok asi perah kehabisan karna momynya lupa mompa. atau memang gak bisa menyusui alias gak keluar asinya seperti istri temen contohnya yang biaya beli susu formulanya aj bisa sampe 1juta lebih…kan lumayan kalo ditabung ato kebutuhan lainnya. beruntunglah gue yang bisa ngash asi sampe sekarang dan belum pernah sufor karna kalo gue tinggal kuliah disedian asi perah. pernah sich si kecil gak mau minum tuh susu n setiap gue pulang kuliah masih utuh aj sampe mami bilang buat gak usah nyedian asip aj…kasian udah merah2 sakit gak dimnum. untung waktu itu umur dedek udah 9 bulan udah makan n minum. jadi kasian kalo inget si kecil musti nunggu emaknya pulang kalo mau nyusu habis gimana dedek udah gakmau pake dot :p …gue si merahny manual pake tangan karna gue merasa sakit kalo pake pompa dan hasilnya lebih banyak pake tangan.

selain hemat, kandungan asi belum ada yang nyamain oleh makanan apapun. terbukti kan pemerintah sekarang menggalakkan program asi eksklusif 6 bulan. sekarang aj klinik2 bersalin gak ngasih souvenir berupa susu formula seperti tempat gue lairan dulu. iya katanya gak boleh sekarang gak kaya dulu…jadi ya cuma dapet tasnya aj gak ada susunya begitu kata perawat disana pas ditanya kenapa ko tasnya dari produk susu. jadi gue dapet 2 tas waktu pertama dateng dari kliniknya pas pulng dari produk susu.

daan untuk para perempuan yang ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan menyusui bisa banget tuh gak usah diet2n…gue aj 2 bulan dah turun 10kg dari 55 kg ke berat badan semula 45 kg🙂 konon menyusui juga bisa dijadikan sebgai kb alami…tapi gue sich tetep kb buat jaga2 takut kalo kebobolan kaya sepupu gue hamil lagi setelah baby usia 7bulan…hahaha gue musti nunggu minimal 2 tahun kata dokter kalo pengen lairan normal kalo kurang dari itu ya sc lagi. ok guys sekian dulu cerita gue tentang pengalaman menyusui semoga kalian bisa so terus semangat yaaa:) oiya do’ain gue ya biar bs sampe khatam 2 tahun..Aamiin..🙂

setahun yang lalu

heloo..selamat malam…sori ni telat ngepost tentang si jagoan kecil..padahal rencananya pas ultahnya yang pertama tapi apalah daya ternyata tidak terlaksana karna kmren lumayan kecapekan hbis ad hajatan sunat dirumah kka ipar.padahal si bantu2nya gak begitu intens krn musti sibuk jagain sikecil biar gak acak2 makanan buat tamu sampe akhirnya gue lengah ninggalin si kecil tidur sendirian di kamar sepupuny yang sunat dan jatuhlah dia.fiuuuuhh…ngambang bgt gue pas si kecil dibawa sama budhenya sambil nangis dengan kepala benjut..ukh…segede bola bekel..hiks..hiks..tapi untunglah sorenya udah kempes si kecil badannya gak panas.

udah segitu dulu cerita tentang benjutnya jagoan gue..sekarang gue mau cerita puter balik kebelakang…tepatnya setahun yang lalu jum’at 11 oktober 2013 dimana melalui proses sc sikecil lahirlah ke dunia. awalny hari senin gue mau berangkat kuliah..berhubung paginya gue gak ketemu tuh spognya y sorenya sebelum ngampus gue sempetin periksa buat liat ketuban gue masih aman gak dan usg lah sekalian liat posisi debay yng dilanjut dgn cek dalam karna gue termasuk pendek dan katanya pinggul gue masih lebar n masih punya peluang buat lairan normal eh ternyata udah bukaan satu. si dokter anjurin buat tinggal di RSBnya buat nunggu kelahiran tapi berhubung gue belum mules gue gak mau n minta ngampus trus pulang. setelah suami berunding sm keluarga akhirnya gue dianter ke kampus buat ijin ke baak cuti melahirkan. dan malemnya keluarlah darah yang cukup banyak tp gue masih gak mules juga sampe hari h anjuran dokter kemaren 10 oktober gue ke klinik lg dan masih belum mules juga akhirnya di induksilah setelah suami ttd milih fasilitas pelayanan yng mana.

dari sebelum magrib bru jm 10 mlem gue ngerasain adanya kontraksi pdhl gak cm yng disuntik ke infus aj tp juga yang diminum dan jm 2ny ganti infus karna habis yang ternyata gue pules sampe pagi jm 6…gak mules lagi n di induksi lagi yang terakhir. kata bidannya ini udah batas kalo dtunggu sampe dr visit gk mules juga y operasi. nagislah gue trus nympe hbis sarapan dipindah ke ruang bersalin biar gampang n deket ngontrolny dan ternyata jantung debay udah gak stabil…pantesan bidannya agak galau gimana gitu n dtenglah si dokter n langsung bilang buat lngsung tindaka operasi yang di iyain suami saat itu juga lngsung ttd. emang iya guys kalo gue pake oksigen detak jantung bayi langsung kenceng n melemah saat gue lepas.

pukul 08.20 gue msuk ruang operasi yang pertama kali dalam hidup gue..didampingi suami yang terus megang tangan gue dari induksi sampai proses operasi hingga terlahirlah bayi yang kemudian diadzani perasaan gue campur aduk…terharu…bahagia…kagum…ah…gue udah jadi seorang ibu sekarang..it was amazing…dari perut gue keluar bayi…🙂

keluar dari ruang operasi gue disambut dengan senyum dan peluk cium dari keluarga ..mama…ibu mertua…kaka…abang ipar…dan suami tentunya🙂

Sibuuuuuuuuukkkk

Haiii,…apa kabar…. ya amplop…udah lama be ge te ternyata gue gak ngisi blog tercinta gue yang ini,,,gue baru inget kemaren pas baca satus istri temen suami yang pingin bikin blog (thank’s mb evi) dan baru terealisasi sekarang gue ngepost lagi, udah ada setahunan kali ya?

Bukan amnesia sich kalo gue punya blog, cuma gue sibuuuuukkkkk banget…hihihi sok banget yah gue,,,iya gue sibuk ngurus bayi…😀

Lho kok bayi??? iya gue udah punya bayi,,,,heran kan loe,,,

Ok jadi gini sejak menghilangnya gue dari dunia luna ini itu gue sibuuuukkkk,,,banget,,,dari sibuk ngurusin acara lamaran,,,trus 3 bulan kemudian nikahan yang persiapannya cuma satu bulan. Tadinya sich rencana tahun depan tapi ternyata dimajuin malah tadinya rencana jeda cm sebulan, nah bingung kan lo? iya bingung baca tulisan gue…gue aja bingung sendiri…😛 . Jadi gini, gue lamaran tgl 2 September 2012 …nah pihak calon pengennya nikahnya bulan oktober biar dibarengin sama adeknya tapi gak jadi karna gue pikir terlalu deket, akhirnya ya udah acara lamaran aja rencana nikah menyusul dan gue pikir tahun depan… Ok skip

2 bulan kemudian pulang kuliah abang gue bilang kalo ternyata kalurga udah nentuin hari pernikahan dan udah ketemu kedua belah pihak,,, jadilah dalam waktu sebulan itu kita wara-wiri mempersiapkan segala sesuatunya… ternyata capek juga karna gue semuanya urus sendiri… padahal jaman kakak-kakak gue yang udah nikah gak mondar-mandir tuh…malah tinggal duduk diem dirumah sekalian dipingit…yang urus semua administrasinya pak lebe. Tapi gue gak,,,dari surat pengantar yang suami bawa (waktu itu masih calon) trus kita ke pak lebe.. besoknya ke kelurahan. Nah dapet surat pengantar ke puskesmas, meluncurlah gue tes (disini baru tau kalo ternyata bb gue 45 kg,,,imut banget,,,hihhihi😀 ) buat membuktikan kalo gue gak hamil dan imunisasi. Selesai tes langsung meluncur ke KUA bareng abang gue (yang mau jadi wali,,coz abah udah gak ada😥 …sediiih ), juga pak lebe nah disanalah kita mulai urus semuanya dan yang terakhir adalah foto,,oiya fotonya juga disana jadi foto yang udah disiapin gak kepake! simpen lagi sapa tau bis abuat nakutin tikus! . Dan selesailah dalam dua hari sekalian cari@ buat mas kawinya (ini gue ijin ke bos yang akhirnya gue harus lembur) dan  tinggal nunggu hari H sama nyiapin buat acaranya. Skip lagi

Dan tibalah hari H 23 Desember 2012 nikah,,,deg-degan gue,hihihi dan alkhamdulillah selang 3 bulan ternyata gue telat yang ternyata hamil🙂 ntar deh ya gue ceritain proses gue menikmati kehamilan gue di post mendatang..dari nikah juga deh sampe gue lahiran…tunggu ya guys…

nah itulah sekelumit cerita,,,et daaaaah,,,,iya itulah cerita kenapa gue sibuk dan lama gak ngepost.

bonus…. 🙂 senyum manis dari gue,,,

 

Nasi Goreng Pattaya Buatan Saya..hahahaha

sebenernya gue udah pengen langsung update blog n ngepost karya saya yang ini saat itu juga,,,tapi berhubung terlalu sibuk n ya begitulah gue keasyikan maen bareng keponakan2 gue di rumah mertua,,hahahaha

gak gitu juga dink…berhubung kemaren hari kamis ada acara arisan paguyuban kantornya MonCherAmi (ea,,ea,,,ea,,,), dan sayangku,,,(hihihi geli:mrgreen: ) yang dapet giliran so gue hari itu juga gue meluncur kesana…

tapi,,,stop dulu curhatnya ya,,,mumpung masih pagi dan gue belum siap2 buat lets’go ke TKP gue sempetin buat sarapan dulu,,,tadinya bingung mau sarapan apa itu ya,,,berhubung nyokap udah sarapan bubur habis subuh dan abang gue juga udah makan mie telor berarti tinggal gue yang belon kan ya,,,dan menu gue gak perlu nyesuain sama apa yang mereka doyan,,dan putarlah otak saat itujuga…mau bikin makanan seselara gue,,tengok ke kulkas ada sayuran seperti biasa tapi yang bikin saya tertarik adalah telur,,hahahaha entah kenapa dari kemeren suka banget makan telur,,,(gak kaya biasanya)..tanpa pikir panjang langsung deh aku kocok telur itu dan dicampur sedikit tepung dan air (ini supaya gak menggelembung dn teksturnya alus) dan jangan lupa dikasih bumbu ya,,,(belaga chef profesional,,,😎 ) terus dikocok sampe mengembang dan didadarlah di penggorengan selebar dan setipis mungkin dan setelah udah agak mateng tinggal masukin deh nasi goreng yang udah mateng dan jadilah,,,

tara,,,,this is it,,nasi goreng pattaya ala saya,,,hahahahaha meskipun sederhana mudah2n enak rasanya,,,(lumayan)..😀

 

 

oiya sebelum bikin telur dadarnya lebih baik masak nasinya dulu jadintar gak bolak-balik,artinya pas dadar udah setengah matang dibalik n masukin nasigorengnya baru dlipat dan diangkat,,,

barang kali ada yang mau mencoba bikin dirumah kalo aku sich bumbunya gak macem2…cuma 1 buah cabe merah n 5 siung bawanng merah (aku suka banyak bawangny) trus garam,lada, kecap ato madu n kentang yang dipotong dadu kecil kecil,,,,kalo caranya pasti kalian udah pada tau dong ya,,,